Anda belum login :: 13 Mar 2025 10:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Efektivitas Strategi Bersaing PT. JEPE HANDICRAFT dalam Mengekspor Kerajinan Tangan ke Jerman
Bibliografi
Author:
ADIPRADANA, NURANDRA
;
Haryadi, Adi
(Advisor)
Topik:
Efektivitas Strategi Bersaing
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Nuranda Adipradana Aurianto's Undergraduate Theses.pdf
(4.51MB;
94 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1658
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perekonomian global berkembang tanpa batas membuat arus barang jasa bergerak bebas berupa kegiatan ekspor dan impor. Indonesia merupakan
salah satu negara yang aktif dalam perdagangan internasional. Bisnis kerajinan tangan berorientasi ekspor menjadi komoditas bernilai di pasar
perdagangan internasional. Hal tersebut harus didukung sebaik mungkin untuk memperlihatkan kepada dunia kekayaan alam Indonesia berupa sumber daya alam dan kreatifitas tinggi yang dimiliki manusianya.
Persaingan ketat pada pasar kerajinan tangan di dunia Internasional membuat perusahaan harus bekerja dua kali lipat untuk bertahan. Lingkungan
eksternal perusahaan akan memberikan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan dimana lingkungan eksternal terdiri dari lingkungan jauh,
lingkungan industri, lingkungan operasi Sedangkan Lingkungan internal perusahaan merupakan aktivitas yang dapat dikendalikan oleh perusahaan,
yang dapat mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan perusahaan.
Lingkungan eksternal dan internal mempengaruhi perusahaan dalam menentukan misi atau sasarannya. Salah satu perusahaan yang bergerak
dalam bidang ekspor kerajinan tangan adalah PT. JEPE Handicraft, memiliki Jerman sebagai pasar terbesar tujuan bisnisnya.
Perusahaan berorientasi ekspor harus mampu memiliki penerapan strategi bersaing yang tepat, pengetahuan yang baik akan kebutuhan pasar
tujuan, dan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing PT. JEPE Handicraft dan untuk mengetahui apakah strategi yang telah diterapkan efektif atau tidak.
Penelitian ini dilakukan dengan cara riset kepustakaan dan penelitian lapangan ke PT. JEPE Handicraft di Jakarta. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait, sedangkan data sekunder merupakan data tertulis seperti angka penjualan dan dokumen ekspor yang didapatkan langsung dari PT. JEPE Handicraft kemudian diolah secara kualitatif.
Melalui hasil wawancara, penulis engidentifikasikan bahwa strategi bersaing yang digunakan adalah diferensiasi berupa menciptakan produk baru berbeda dari yang sudah ada di industri. Strategi ini sejalan dengan tingginya tingkat konsumsi masyarakat Jerman. Masuknya produk baru ke pasar akan menggeser pilihan pelanggan dari produk lama ke baru.
Sedangkan efektivitas strategi bersaing diukur berdasarkan pencapaian misi yang berupa kenaikan angka ekspor diatas 10% pertahun.
Penulis juga membandingkan PT. JEPE Handicraft dengan PT. Nancy Citra Fantasi yang menurut JEPE merupakan kompetitor terdekat dari sisi segmen
pasar dan jenis barang.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa PT. JEPE Handicraft dengan strategi diferensiasi terbukti mampu menjalankan misinya dengan meningkatkan penjualan sebesar 10,16% per tahunnya dengan total penjualan US$ 1.680.000. Sedangkan PT Nancy Citra Fantasi menerapkan
strategi fokus mengalami penuruan penjualan -6,73% dengan total penjualan US$ 1.545.000. Penulis melakukan perbandingan penjualan selama 5 tahun dari 2004 sampai 2008. Dapat dikatakan bahwa penerapan strategi diferensiasi PT. JEPE Handicraft efektif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.390625 second(s)