Globalisasi yang sedang terjadi memberikan dampak yang signifikan bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Globalisasi telah menyebabkan terjadinya perubahan perubahan yang sangat cepat dalam dunia bisnis. Globalisasi juga menuntut perusahaan untuk lebih mampu beradaptasi, mempunyai ketahanan dan mampu melakukan perubahan arah yang cepat. Maka, perusahaan harus dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mewujudkan tujuan secara efektif dan efisien serta agar dapat menghadapi kondisi dunia bisnis terutama bisnis minyak pelumas yang senantiasa berubah dan semakin berkembang. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana segmenting targeting dan positioning serta marketing mix pada produk Castrol Magnatec 10W-40 dapat menciptakan posisi kompetitif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu dengan wawancara mendalam (in depth interview) dengan orang-orang yang bekerja pada PT. Castrol Indonesia, pemilik bengkel Castrol Auto Service, user dan non-user produk Castrol Magnatec. Dengan wawancara tersebut, penulis dapat menggambarkan apa yang menjadi kelebihan Castrol Magnatec 10W-40 sehingga produk tersebut dapat menciptakan posisi kompetitifnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa segmenting Castrol Magnatec adalah yang kelas sosial ekonominya menengah keatas, targeting Castrol Magnatec adalah orang yang memang care dengan perawatan mobil, dan positioning dari Castrol Magnatec ini adalah dia tidak menjual melalui direct selling, melainkan dengan penjualan via distributor. Strategi marketing mix juga diterapkan dengan baik, baik product, place, price maupun promotion. Konsumen sudah mengetahui manfaat yang di dapatkan jika menggunakan produk Castrol Magnatec. Dengan berjalannya STP serta 4P ini, Castrol Magnatec dapat menciptakan posisi kompetitif di pasar dan dapat bertahan di kerasnya persaingan dunia bisnis minyak pelumas di Indonesia. |