Dewasa ini, kita semakin mudah menemukan kegiatan kegiatan promosi di sekitar kita. Begitu banyak produk lama maupun baru melancarkan iklan. Sarana atau media yang digunakan pun menjadi pilihan yang sebaiknya dipertimbangkan, karena begitu banyaknya media yang ditawarkan. Kecanggihan teknologi membawa kita pada zaman modern dimana waktu, ruang dan tenaga bisa dipersingkat dan diperkecil dengan hasil yang lebih besar tentunya. Hal ini pun dimanfaatkan dengan bak oleh para pebisnis untuk memperkenalkan produk mereka kepada pasar sasarannya. Sadar atau tidak, seluruh kegiatan promosi tersebut dilancarkan untuk memberikan rangsangan kepada konsumen, sehingga akan berpotensi melakukan pembelian. Penelitian ini didasarkan pada teori Phillip Kotler bahwa promosi memiliki hubungan yang signifikan bagi proses keputusan pembelian konsumen. Untuk memperoleh data mengenai strategi promosi dan implementasinya oleh Rolling Stone Indonesia, serta keputusan pembelian konsumen, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada para konsumen Rolling Stone. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan skala likert kemudian hasilnya dianalisis menggunakan korelasi product moment pada program SPSS 13 untuk mengukur ada tidaknya hubungan signifikan antara variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat hubungan kuat dan positif antara strategi promosi dengan keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari pandangan konsumen bahwa penyelenggaraan event-event promo telah mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Pemberian merchandise yang menarik pun menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa strategi promosi Rolling Stone Indonesia berhubungan kuat dan positif terhadap keputusan pembelian konsumennya. |