Anda belum login :: 24 Nov 2024 07:40 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peranan Word Of Mouth sebagai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dalam Perdagangan Grosir Studi Kasus: Toko Inovasi 3M, Pasar Hwi Lindeteves, Glodok-Jakarta Kota
Bibliografi
Author:
LIONITA, MARIA
;
Nugroho, Aloisius Agus
(Advisor)
Topik:
Komunikasi Pemasaran
;
Word of Mouth
;
Perdagangan Grosir/Eceran
;
Usaha Kecil (Bisnis skala kecil).
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Maria Lionita's Undergraduate Theses.pdf
(1.94MB;
39 download
)
Maria Lionita-PENDUKUNG.pdf
(103.49KB;
1 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1640
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Promosi merupakan salah satu aspek yang terdapat dalam Bauran Pemasaran. Setiap
pebisnis baik yang memiliki usaha besar maupun kecil, saling menunjukkan keunggulan
kompetitifnya dengan melakukan upaya promosi (atau yang juga dikenal dengan istilah komunikasi pemasaran). Para pebisnis usaha kecil seperti Toko Inovasi 3M (salah satu pedagang grosir di Pasar HWI Lindeteves, Glodok) yang memiliki modal terbatas, biasanya akan memilih media komunikasi pemasaran yang cenderung mengeluarkan biaya yang minim atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali, yaitu contohnya Word of Mouth.
Topik penelitian penulis adalah keefektifan peranan Word Of Mouth pada era globalisasi sebagai salah satu media komunikasi yang digunakan para pedagang grosir atau eceran yang hanya memiliki modal terbatas. Objek penelitian penulis adalah Toko Inovasi 3M yang terletak di kawasan pusat perniagaan, di daerah Glodok, Jakarta – Kota. Penelitian yang dilakukan penulis termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dan informasi akan peneliti lakukan melalui proses wawancara dan observasi berperan serta.
Wawancara terstruktur dilaksanakan terhadap 10 orang narasumber, yaitu 3 orang karyawan
Toko Inovasi 3M dan 7 orang pelanggan. Peneliti juga mendapatkan banyak informasi dari pemilik toko melalui wawancara tidak terstruktur.
Setelah semua proses dilaksanakan, penulis akan melakukan analisis dengan menginterpretasikan data-data yang telah dikumpulkan, yaitu dari hasil wawancara, observasi dan kajian pustaka.
Data yang telah berbentuk transkrip, akan dianalisis isinya dengan dibaca setiap barisnya
kemudian diambil intisarinya. Analisis terhadap hasil penelitian mengemukakan bahwa Word of
Mouth masih efektif digunakan pada era globalisasi ini sebagai media komunikasi dan promosi di Toko Inovasi 3M yang termasuk salah satu pedagang grosir. Saran yang dapat diberikan penulis bagi organisasi yang ditelitinya yaitu sebaiknya Toko Inovasi 3M tidak hanya mengandalkan jaringan Word of Mouth sebagai alat untuk berkomunikasi dan berpromosi.
Namun, Toko Inovasi 3M harus belajar dan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, untuk menghadapi para pesaing dan juga untuk perkembangan Toko Inovasi 3M di masa mendatang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)