Anda belum login :: 27 Nov 2024 04:04 WIB
Detail
BukuStrategi Komunikasi Komunitas Fotografi Dalam Menarik Peminat Melalui Internet (Studi Kasus : Klastic)
Bibliografi
Author: HUMILLANG, RAHEL ; Kartikawangi, Dorien (Advisor)
Topik: Strategi Komunikasi Bisnis; Internet; Komunitas; CMC (Computer-Mediated Communication)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1639
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Untuk dapat menarik peminat organisasi dapat memanfaatkan komunikasi dengan menggunakan jaringan internet yang di mediasi oleh komputer atau disebut CMC (Computer-Mediated Communication). KLASTIC sebagai komunitas maya yang memfokuskan diri pada kegemaran dan ketertarikan yang sama, yaitu pada bidang fotografi. KLASTIC merupakan kepanjangan dari Kaskus Plastic and Toy Camera Community, yang dimana pertama kali memulai memulai komunitasnya melalui media networking yaitu situs forum komunitas maya Kaskus.
KLASTIC memanfaatkan situs-situs yang disediakan di internet seperti situs forum Kaskus, situs jejaring sosial Facebook, situs jaringan sosial mikroblog Twitter, dan situs berbagi foto Flickr, sebagai media penyebaran informasi dan media komunikasi komunitas. Melalui CMC, KLASTIC menerapkan strategi komunikasi untuk menarik
peminat dan anggota komunitas yang ditinjau dengan tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu
informasi, persuasi, dan kolaborasi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai strategi komunikasi KASTIC dalam usaha menarik peminat dengan memanfaatkan jaringan internet yang dimediasi komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada ketua KLASTIC, dan
melakukan diskusi kelompok terfokus (FGD) kepada anggota KLASTIC dengan kriteria
yang telah ditetapkan.
Hasil yang penulis dapatkan melalui penelitian ini, menunjukkan bahwa KLASTIC sebagai komunitas maya efektif menerapkan strategi-strategi komunikasi dengan memanfaatkan jaringan internet yang dimediasi komputer, sehingga mendapat respon serta umpan balik dari peminat fotografi yang dapat dilihat melalui peminat ataupun anggota komunitas yang bergabung dengan KLASTIC.
Walaupun strategi komunikasi yang dijalankan oleh KLASTIC dapat dikatakan efektif, namun terdapat kekurangan dalam implementasi strategi yang masih harus ditingkatkan seperti kegiatan KLASTIC, kejelasan mengenai tagline KLASTIC, lebih terorganisir dan sebagainya.
Hal yang menarik dalam penelitian ini terdapat founding atau temuan, dimana penulis mendapatkan bisnis kamera bukanlah hal dijalankan oleh KLASTIC, namun merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan secara individual oleh para seller yang merupakan anggota KLASTIC, dan melakukan jual beli melalui KLASTIC.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)