PT. Amerta Indah Otsuka (AIO) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis minuman kesehatan dengan merek Pocari Sweat. Minuman Pocari Sweat terus berkembang, hal inilah yang mengundang para pesaing untuk memainkan bisnis minuman isotonik. Berbagai upaya dilakukan oleh produsen minuman isotonik untuk memenangkan persaingan ini yaitu dengan melakukan beragam komunikasi pemasaran. Dari beragam komunikasi pemasaran yang dilakukan produsen minuman isotonik, penulis memilih komunikasi pemasaran periklanan di televisi karena keingintahuan apakah penayangan iklan di televisi dapat membentuk pola perilaku dan sikap konsumen dalam mengenal sebuah produk, dan dapat menjatuhkan pilihannya terhadap produk yang di tayangkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh implementasi strategi komunikasi pemasaran iklan produk Pocari Sweat versi Pocariman terhadap keputusan pembeli, penulis menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran dan konsep AIDA sebagai acuan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2006-2008 yang aktif kuliah pada semester ganjil 2010/2011 yang pernah melihat tayangan iklan Pocari Sweat versi Pocariman dan dengan pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak PT. Amerta Indah Otsuka (AIO) untuk mendapatkan penjelasan tentang strategi dan implementasi. Data yang telah dianalisa oleh penulis diuraikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisa kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi sederhana hasil dari implementasi strategi komunikasi pemasaran Pocari Sweat dipermudah dengan penggunaan program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan dari analisa data, diperoleh hasil penelitian: pertama, implementasi dan strategi komunikasi pemasaran Pocari Sweat bahwa PT. Amerta Indah Otsuka telah melakukan berbagai strategi dalam mempertahankan produk minuman isotonik yang sampai saat ini masih menjadi pionir, terdapat lima strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam menarik minat pembeli, diantaranya periklanan yang dapat membentuk pola perilaku konsumen dalam menjatuhkan pilihan dalam suatu produk minuman isotonik Pocari Sweat, kedua menunjukkan bahwa ada pengaruh implementasi strategi komunikasi pemasaran iklan produk Pocari Sweat versi Pocariman terhadap keputusan pembeli konsumen. |