Banyaknya berbagai macam merek sabun mandi yang sekarang beredar di pasar membuat Lifebuoy mengembangkan strateginya dengan melakukan inovasi dan membuat berbagai macam varian sabun dengan aroma yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumennya. Setiap varian memiliki karakteristik dan daya tarik tersendiri yang membuat adanya kemungkinan konsumen beralih varian, maka dengan itu penulis ingin menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen beralih varian sabun mandi Lifebuoy. Untuk menganalisa penelitian ini, penulis mencoba menganalisis variabel-variabel yang berhubungan mengapa konsumen beralih varian sabun mandi Lifebuoy. Dari variabel-variabel yang berhubungan tersebut penulis membuat kuisioner yang terdapat 27 variabel yang dapat diukur, namun setelah dilakukan analisis faktor terdapat satu variabel yang tidak memenuhi standart penilaian sehingga harus dihapus dan tersisa 26 variabel yang akan dianalisa selanjutnya. Hasil akhir dari penelitian ini, Ke-26 variabel tersebut dapat direduksi menjadi 8 buah faktor. Faktor-faktor inilah yang merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen beralih varian sabun mandi Lifebuoy. |