Dewasa ini persaingan jasa perbankan semakin ketat, jasa perbankan dalam menjalankan usaha hendaknya dilakukan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya. Dengan kualitas pelayanan yang baik, sesuai atau melebihi harapan nasabah, maka akan terbentuk loyalitas dari nasabah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan BRI Cabang Jatinegara Jakarta terhadap loyalitas nasabah, dengan menggunakan 100 sampel, yaitu nasabah BRI Cabang Jatinegara Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan judgmental sampling. Variabell penelitian ada dua yaitu kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan BRI Cabang Jatinegara Jakarta berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Atribut – atribut yang dipertimbangkan oleh nasabah dalam menggunakan jasa perbankan BRI Cabang Jatinegara Jakarta adalah atribut – atribut reliability yaitu pelayanan transaksi yang cepat dan tepat, tidak perlu mengantri lama dalam melakukan aktivitas perbankan dan atribut tangibles yaitu kebersihan, kerapihan, kenyamanan ruangan, tersedianya jumlah teller dan ATM yang memadai |