Masalah yang dihadapi para produsen Nokia saat ini adalah bagaimana cara menciptakan loyalitas konsumen yang tinggi dan membuat konsumen tetap setia terhadap brand Nokia. OIeh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti konsep emotional brand yang telah diterapkan oleh Nokma dalam upaya membangun loyalitas para konsumen mereka. Nokia menjalankan enam dan kesepuluh atribut emotional branding, di antaranya adalah produk menuju pengalaman, kejujuran menuju kepercayaan, kualitas menuju preferensi, terkenal menuju aspirasi, identitas menuju kepribadian, dan fungsi menuju perasaan. Adapun metode yang digunakan adalah model persamaan struktural untuk mengetahui pengaruh antara atribut-atribut emotional brand terhadap loyalitas merek ponsel Nokia, serta untuk mengetahui reliabilitas dan masingmasing indikator yang digunakan. Dan hasil analisis disimpulkan bahwa seluruh atribut yang telah diuji memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas merek ponsel Nokia. Di mana ada atribut-atribut tertentu yang memiliki pengaruh besar dalam menciptakan loyalitas, sehingga perlu diadakan pengembangan atau revisi untuk tetap menjaga loyalitas terhadap merek Nokia atau membuka peluang baru untuk menciptakan loyalitas konsumen. |