Banyaknya merek-merek baru yang muncul ke pasaran saat ini membuat persaingan menjadi sangat kuat. Begitu juga yang terjadi pada produk air minum dalam kemasan yang beredar di pasaran. Maka AQUA yang merupakan salah satu merek yang telah terkenal dengan produk air minum dalam kemasannya harus menyusuaikan strateginya. Agar suatu merek mendapat nilai lebih dari konsumennya, maka salah satu caranya adalah dengan memperkuat merek yang dimilikinya tersebut. Untuk melihat kekuatan merek tersebut salah satunya dapat dengan konsep brand asosiasi (brand association). Oleh karena itu penilitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak asosiasi merek AQUA dengan respon konsumen. Dari hasil analisa, ternyata penilaian konsumen terhadap asosiasi merek AQUA berdampak positif dan baik. Hal ini dapat terlihat dari adanya pengaruh yang cukup tinggi sebesar 62.7% berdasarkan penilitian. Penulis menyarankan, dari ketiga indikator respon konsumen yaitu perluasan merek, rekomendasi, dan harga premium agar AQUA lebih fokus meningkatkan respon konsumen dalam hal harga premium. Selain itu juga AQUA harus terus meningkatkan dan mempertahankan brand image yang baik kepada konsumen sehingga munculah brand loyalty yang baik pula dari konsumen kepada AQUA. |