Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Del Rio, A.B, Vazquez, R., dan Iglesias, V. (2001) dalam penelitiannya terdapat pengaruh antara asosiasi merek dengan respon konsumen. Suatu asosiasi merek adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ingatan konsumen terhadap suatu merek. Asosiasi ini dapat menciptakan suatu nilai bagi konsumen dan mendapat respon tertentu dari konsumen. Respon konsumen hadir karena ada rangsangan dari suatu dorongan tertentu yang akan menimbulkan suatu tanggapan. Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek terhadap respon konsumen Burger King Indonesia di cabang Skyline Building, Jakarta. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang sedang makan di Burger King Indonesia cabang Skyline Building, dengan menggunakan convenience sampling. Data yang terkumpul kemudian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan dianalisis menggunakan overall mean score, dan regresi sederhana, Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh antara asosiasi merek dengan respon konsumen Burger King Indonesia. Konsumen setuju bila Burger King dijadikan asosiasi merek di benak konsumen. |