Banyaknya perguruan tinggi di Indonesia telah meningkatkan persaingan diantara perguruan tinggi dalam upaya menyediakan jasa pendidikan tinggi yang berkualitas. Hal ini menyebabkan para calon mahasiswa dan orang tua semakin selektif dalam memilih perguruan tinggi yang berkualitas. Orang tua mahasiswa ikut berkontribusi dalam menentukan kualitas jasa pendidikan dari sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu, penulis merasa perlu melakukan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua mahasiswa terhadap brand equity Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan survei terhadap orang tua mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya, yang terdiri dari 100 orang tua mahasiswa program studi Manajemen dan 100 orang tua mahasiswa program studi Akuntansi. Data yang digunakan dalam kuesioner penelitian mengunakan skala Likert 5 tingkat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Sedangkan perangkat analisis data yang digunakan adalah mean score (MS), overall mean score (OMS), dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kedua kelompok responden mempunyai persepsi yang baik terhadap brand equity Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya, berdasarkan dimensi performance, social image, trustworthiness, dan attachment. Sedangkan dimensi value dipersepsikan cukup oleh kedua kelompok responden. |