Masalah yang dihadapi adalah semakin banyaknya situs pertemanan seperti facebook yang berkembang di Indonesia, hal tersebut menjadikan sarana promosi bagi sebuah perusahaan untuk memasarkan barang atau jasanya secara langsung kepada konsumen. Seperti yang kita ketahui, on-line trading masih sangat sedikit dijalani oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan masih kuatnya perasaan was-was yang dialami oleh konsumen jika terjadi kesalahan yang menyebabkan kerugian bagi mereka. Oleh karena itu, peran partisipasi konsumen dalam belanja on-line dalam situs pertemanan seperti facebook sangatlah mempengaruhi rasa kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap perusahaan tersebut. Ditambah lagi facebook mempunyai image kuat di masyarakat sebagai salah satu situs jaringan pertemanan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya kepada konsumen yang sering berinteraksi melalui situs facebook tersebut. Peran partisipasi masyarakat dalam menghilangkan rasa tidak percaya terhadap pelayanan belanja on-line dan beralih pada belanja dengan sistem baru tersebut sangat besar. Ketidakpercayaan terhadap kualitas barang dan proses pembayaran adalah faktor yang paling mempengaruhi belanja on-line. Hal itu dapat meningkatkan rasa setia atau loyal konsumen terhadap toko tersebut sehingga secara rutin, konsumen akan terus belanja lagi secara on-line di toko tersebut. |