Bengkel Bubut Mitra adalah bengkel yang bergerak di bidang jasa pembubutan mesin sepeda motor. Namun, seiring perkembangan, Bengkel Bubut Mitra mulai memasuki bisnis penjualan suku cadang sepeda motor. Hal ini diawali dengan penawaran yang diberikan oleh Takarada Indo Supplies untuk memasarkan produk TKRJ (Takrada Japan) di daerah Jakarta Selatan. Produk TKRJ adalah Produk yang masih dianggap baru di pasar suku cadang sepeda motor di Indonesia, karena itu manajemen Bengkel Bubut Mitra membutuhkan strategi promosi yang efektif untuk memasarkan produk TKRJ. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari strategi dan kegiatan promosi Bengkel Bubut Mitra serta untuk mengetahui respon konsumen terhadap efektivitas promosi. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Bengkel Bubut Mitra terdiri dari promosi Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL). Promosi ATL meliputi penyebaran brosur, pemasangan spanduk, mini banner, papan reklame, gantungan kunci dan stiker, serta kaos promosi. Sedangkan, promosi BTL meliputi gathering anggota, undian langsung, pelatihan teknisi, dan undian akhir tahun. Hasil pengukuran efektivitas promosi dengan EPIC Model secara keseluruhan menunjukkan bahwa promosi Bengkel Bubut Mitra masuk dalam kategori promosi efektif (EPIC rate sebesar 3,63). Pengukuran efektivitas promosi dengan Direct Rating Method (DRM) menunjukkan bahwa promosi Bengkel Bubut Mitra masuk dalam kategori promosi yang baik (total skor direct rating sebesar 73,96). |