Penulis meneliti mengenai “Analisis Isi Publisitas sebagai Kegiatan Media Relations PT. Garuda Food (Studi Kasus: Publisitas Periode Februari – November 2010)”. Dalam melakukan usahanya, suatu perusahaan memerlukan dukungan melalui publisitas perusahaan. Hal ini menjadi penting, karena tanpa adanya publisitas, akan sulit untuk menggapai masyarakat dan membuat masyarakat paham akan informasi seputar perusahaan ataupun produknya. Untuk dapat mencapai publikasi yang positif, perusahaan memerlukan “jembatan” yaitu seorang praktisi Public Relations (PR). Dengan melakukan kegiatan PR, perusahaan dapat berkomunikasi dengan khalayak sasaran dari perusahaan tersebut, sehingga khalayak yang dituju oleh perusahaan dapat mengetahui informasi dan segala pemberitaan tentang perusahaan secara berimbang. Supaya komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dapat berjalan dengan baik, dan pesan/informasi yang ingin disampaikan dapat tepat sasaran, maka perusahaan membutuhkan bantuan dari media untuk memperlancar kegiatan dan hubungan komunikasi antara perusahaan dan khalayaknya, dan oleh karena itu juga perusahaan perlu menjalin serta menjaga hubungan yang baik dengan media karena media dapat menjadi penghubung atau “jembatan” antara perusahaan dan khalayaknya. Dalam penelitian, penulis melakukan wawancara langsung oleh salah satu praktisi PR PT. Garuda Food. Selain itu, penulis juga menganalisa beberapa artikel yang memuat publikasi tentang PT. Garuda Food. Dalam menganalisa artikel-artikel ini penulis menggunakan metode analiis isi (content analysis). Subyek penelitian skripsi ini adalah segala kegiatan komunikasi praktisi PR dan media relations yang terjadi di PT. Garuda Food. Sedangkan objek dari penelitian skripsi ini adalah Ibu Dian Astriana selaku salah satu praktisi PR PT. Garuda Food yang telah membantu penulis memperoleh data-data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penelitian ini. Dari hasil analisis data yang telah dikumpulkan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan praktisi PR PT. Garuda Food dan media telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat diamati dari beberapa artikel yang menunjukkan publikasi yang bersifat positif mengenai perusahaan. Hubungan yang terjalin di antara perusahaan dan media juga berjalan dengan baik karena PT. Garuda Food selalu melakukan kiat-kiat yang berguna untuk menjaga hubungan baik tersebut. Contohnya seperti menjadi sponsor produk makanan dan minuman untuk acara ulang tahun ke 61 koran Sinar Harapan. |