Strategi promosi dilakukan agar konsumen dapat mengerti kelebihan produk tersebut dan akhirnya melakukan pembelian. Televisi adalah sebuah media komunikasi bisnis yang efektif karena memiliki keunggulan dalam visualisasi obyek. Untuk mempermudah strategi promosi khususnya dalam proses penerimaan produk maka dibutuhkanlah bintang iklan (sumber) untuk memberikan informasi dan membentuk persepsi konsumen terhadap iklan. Source credibility scale digunakan untuk mengukur sumber iklan (bintang iklan) dalam penelitian ini yaitu Valentino Rossi dalam iklan Yamaha Jupiter MX sehingga dapat diketahui besarnya pengaruh attractiveness, trustworthiness, dan expertise dalam mepengaruhi minat beli konsumen. Variabel dummy digunakan dalam penelitian ini untuk melihat perbedaan minat beli antara responden SMU dengan Mahasiswa oleh karena itu tingkat pendidikan dimasukkan ke dalam variabel bebas sebagai dummy. Teknik analisis data menggunakan analisa regresi linear berganda dengan memposisikan attractiveness, trustworthiness, expertise dan tingkat pendidikan sebagai dummy dalam variabel bebas sementara minat beli sebagai variabel terikat. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa attractiveness, trustworthiness, dan expertise mempengaruhi minat beli sebesar 28,9%. Diantara tiga faktor dalam source credibility scale, expertise sebagai variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan ternyata terdapat perbedaan minat beli responden SMU dan Mahasiswa . |