Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:30 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Tarakanita 4, Pluit, Jakarta.
Bibliografi
Author: Soethiono, Nike ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Media; Memahami Isi Cerita
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-120
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penggunaan media merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memancing keaktifan siswa, meningkatkan efektivitas pembelajaran, serta menciptakan suasana yang menyenangkan. Namun, pada umumnya, pembelajaran saat ini masih menjemukan dan kurang menarik bagi siswa sehingga berakibat kurang optimalnya hasil belajar siswa.
Standar Kompetensi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar berdasarkan KTSP adalah memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan, sedangkan salah satu kompetensi dasarnya adalah menceritakan kembali isi dongeng, dengan indikator mendengarkan dongeng, menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng, menuliskan tokoh dalam dongeng dan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya dengan kata-kata sendiri. Penelitian ini akan fokus pada indikator mendengarkan dongeng, menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dan menuliskan tokoh dalam dongeng.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media, yaitu media gambar dan media VCD dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia topik mendengarkan dongeng siswa kelas II SD TARAKANITA 4, Pluit, Jakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD TARAKANITA 4, Pluit, Jakarta yang berjumlah 28 siswa dan peneliti dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai observer.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan dan mempunyai empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan bantuan media gambar, sedangkan pada siklus II pembelajaran dilakukan dengan bantuan media VCD.
Hasil dari siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan hasil yang diperoleh siswa, yaitu dalam hal ini peningkatan persentasi jumlah siswa yang menjawab benar terhadap lima buah pertanyaan yang diberikan sebesar 25,72%, siswa yang mendapat nilai sama dengan atau di atas nilai KKM pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 70 juga mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 42,86%.
Peningkatan hasil tersebut menunjukkan bahwa media mampu memberi warna baru dalam pembelajaran di SD Tarakanita 4, Pluit, Jakarta, yang selama ini agak menjemukan menjadi menyenangkan. Siswa yang sebelumnya kurang tertarik dalam mendengarkan cerita, menjadi lebih tertarik dan perhatian terhadap dongeng yang mereka dengarkan, sehingga hasil belajar pun mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya guru dapat selalu menggunakan media untuk melaksanakan pembelajaran serta aktif melibatkan siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)