Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Rangka Menanamkan Kesadaran Bertata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas III SDN Pondok Bahar 6 Karang Tengah Tangerang
Bibliografi
Author:
DEWI, AGUSTINA V PUSPITA
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Pendekatan kontekstual
;
kesadaran bertata tertib
;
siswa kelas III SD
;
Pelajaran PKn
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Agustina V.Puspita Dewi's Undergraduate Theses.pdf
(712.39KB;
16 download
)
Agustina V.Puspita Dewi-PENDUKUNG.pdf
(58.56KB;
3 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-115
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pendekatan kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dalam pendekatan kontekstual memiliki beberapa konsep, di antaranya pengalaman langsung dan pengaturan diri dengan bermain yang berfokus pada pembentukan pribadi yang memahami dan mampu melaksanakan aktifitasnya dalam lingkungannya. Kesadaran bertata tertib sekolah adalah kesadaran untuk menaati dan melaksanakan aturan yang telah dibuat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek penelitian ini adalah satu guru dibantu guru observer dan 24 siswa kelas III SDN Pondok Bahar 6 Karang Tengah Tangerang. Penelitian dibagi menjadi dua siklus menggunakan pendekatan kontekstual yang memiliki beberapa konsep. Siklus pertama menggunakan konsep pengalaman langsung dengan tujuan menanamkan kesadaran bertata tertib siswa di sekolah. Siklus kedua menggunakan konsep pengaturan diri yang bertujuan menanamkan kesadaran bertata tertib siswa di sekolah khususnya tata tertib di kelas.
Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan melalui pendekatan kontekstual ini siswa dapat belajar untuk menentukan sikap dan beragumentasi terhadap masalah yang sering terjadi dalam lingkungan di sekolah sehingga hasil belajar siswa pun cenderung mengalami peningkatan yang tampak pada jumlah yang memperoleh nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan cara siswa mengungkapkan pendapat baik lisan dan tulisan.
Penerapan pendekatan kontekstual dapat membantu siswa untuk belajar berpikir kritis dan berpendapat yang logis terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekolah. Guru hendaknya mempersiapkan sarana, materi, metode, dan teknik penyajian dalam pembelajaran PKn agar dapat dikaitkan langsung dengan kenyataan sehingga melalui pembelajaran di kelas siswa dapat menerapkan nilai-nilai hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.4375 second(s)