Dalam matematika konsep adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan seseorang untuk menggolongkan suatu objek atau kejadian. Pemahaman konsep adalah pengertian yang tepat tentang suatu rancangan atau ide abstrak. Sedangkan penjumlahan adalah operasi yang digunakan untuk memperoleh jumlah dari dua bilangan. Papan nilai tempat adalah suatu media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar agar siswa paham tentang konsep penjumlahan dengan menggunakan benda yang konkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dengan menggunakan papan nilai tempat pada siswa kelas I SD “X“. yang berjumlah 42 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian dibagi menjadi dua siklus pembelajaran di mana pada siklus pertama mempunyai tujuan untuk pemahaman konsep penjumlahan di mana siswa mengerjakan soal pre tes dengan menggunakan papan nilai tempat. Agar siswa lebih paham tentang konsep penjumlahan maka siswa diberikan soal post tes ternyata hasil yang diperoleh pada post tes lebih meningkat dibandingkan dengan hasil pre tes. Pada siklus kedua bertujuan untuk memantapkan pemahaman konsep penjumlahan. Siswa diberikan soal post tes. Dari hasil yang diperoleh ternyata pada post tes siklus kedua, siswa menjadi lebih mantap dalam mengerjakan soal penjumlahan dengan menggunakan papan nilai tempat. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan papan nilai tempat dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pada siswa kelas I SD “X“. |