Restoran menjadi salah satu tempat alternatif untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makan. Selain itu restoran sering kali digunakan sebagai tempat menjamu keluarga, kerabat dan rekan bisnis. Di dalam bisnis jasa restoran, kualitas pelayanan yang baik merupakan tujuan yang dicari oleh pelanggan. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut benar-benar sesuai dengan harapan atau melebihi harapan, tentu pelanggan akan merasa puas atau bahkan sangat puas dan cenderung setia (loyal) pada restoran tersebut, serta akan menyampaikan hal-hal baik tentang restoran tersebut kepada calon pelanggan lainnya. Dalam mengumpulkan data, kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengunjung restoran siap saji Wendy’s, dengan menggunakan metode convenience sampling. Kuesioner ini disebarkan pada tanggal 26 November 2009 sampai dengan 28 November 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut utama yang membuat konsumen puas adalah kemampuan karyawan restoran Wendy’s dalam melayani responden. Selain itu, responden puas namun tidak loyal terhadap Restoran siap saji Wendy’s, serta terdapat pengaruh antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada Restoran siap saji Wendy’s. |