Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Mardi Yuana, Depok
Bibliografi
Author:
KRISTANTI, BERNADETA INTAN
;
Tjalla, Awaluddin
(Advisor)
Topik:
Kepercayaan Diri
;
Kebiasaan Belajar
;
Prestasi Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Bernadeta Intan Kristanti's Undergraduate Theses.pdf
(2.59MB;
160 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-420
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dimana seseorang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti. Seperti halnya suatu proses, proses belajar juga akan menghasilkan sesuatu. Dalam dunia pendidikan hasil dari suatu proses belajar adalah prestasi belajar. Prestasi belajar sendiri merupakan hasil penilaian pendidik terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa. Dalam proses mencapai prestasi belajar tersebut terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain kepercayaan diri dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri pada siswa kelas VIII SMP Mardi Yuana Depok. Pengujian validitas pernyataan digunakan rumus product moment. Teknik untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan teknik internal konsistensi dengan rumus koefisien alpha. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar digunakan koefisien korelasi product moment. Hubungan antara kepercayaan diri dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar digunakan rumus regresi ganda. Pengumpulan data digunakan skala penilaian dan wawancara. Skala penilaian bertujuan untuk memperoleh data tentang kepercayaan diri dan kebiasaan belajar, sedangkan untuk prestasi belajar digunakan raport tengah semester dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Mardi Yuana, Depok berada dalam kriteria baik. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar bahasa Inggris. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris. Penelitian ini pun menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris dan didapatkan 2,7% kontribusi kepercayaan diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Saran bagi konselor sekolah diharapkan dapat lebih memahami ciri-ciri masa remaja dan permasalahannya terutama mengenai kepercayaan diri, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar, sehingga mampu membimbing siswa dengan pendekatan yang tepat. Bagi guru bahasa Inggris diharapkan dapat mengaktifkan dan membangun suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan kebiasaan belajar yang baik. Saran lainnya bagi para siswa SMP Mardi Yuana Depok diharapkan dapat mengembangkan kepercayaan diri dan kebiasaan belajarnya dengan lebih baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)