Anda belum login :: 27 Nov 2024 02:49 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Karir Di SMA Negeri 37 Jakarta
Bibliografi
Author:
MANULLANG, ANDRIANA
;
Widjaja, Anny E. L.
(Advisor)
Topik:
Persepsi
;
Bimbingan karir
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Andriana Manullang's Undergraduate Theses.pdf
(1.46MB;
32 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-417
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia melalui indra manusia. Program bimbingan karir adalah seperangkat kegiatan karir untuk membantu para siswa agar memperoleh pemahaman diri dan pengarahan diri dalam proses mempersiapkan diri untuk bekerja dan berguna dalam masyarakat. Tujuan bimbingan karir disekolah adalah untuk membantu para siswa memiliki keterampilan dalam mengambil keputusan mengenai karirnya dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI terhadap pelaksanaan program layanan bimbingan karir di SMA Negeri 37 Jakarta tahun ajaran 2009/ 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur persepsi siswa terhadap program layanan bimbingan karir. Instrumen terdiri dari 100 pernyataan, setelah dilakukan ujicoba empiris diperoleh 62 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0.960. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI di SMAN 37 Jakarta bersikap positif terhadap pelaksanaan program layanan bimbingan karir yang diberikan oleh konselor sekolah di kelas. Siswa bersikap positif terhadap masing-masing komponen program layanan bimbingan karir, yaitu komponen layanan bimbingan karir, dan komponen materi bimbingan karir. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa bersikap positif dan dapat menerima dengan baik pelaksanaan program layanan bimbingan karir di kelas. Saran untuk Kepala Sekolah SMA Negeri 37 Jakarta, agar terus mempertahankan, melanjutkan program bimbingan karir dan menyediakan, melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan program bimbingan karir khususnya dalam penyediaan papan media bimbingan karir dan film-film bimbingan karir. Diharapkan konselor sekolah, meningkatkan kualitas kinerja, menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan materi yang disampaikan, mengadakan evaluasi untuk mengetahui respon siswa mengenai rencana siswa dalam memilih karir.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)