Persepsi adalah proses penerimaan rangsangan dalam menginterpretasikan, mengorganisasikan, dan memberikan makna kepada stimulus yang berasal dari lingkungan. Bimbingan Karir merupakan layanan bimbingan yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling dengan metode yang bervariasi dalam kegiatan di dalam kelas, di dalam ruang bimbingan, dan di luar sekolah. Tujuan diberikan layanan ini adalah untuk memberikan informasi dan membantu siswa dalam memilih jurusan SMA/ SMK sesuai dengan kemampuan dan cita-citanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa-siswi terhadap layanan bimbingan karir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 182 Jakarta Selatan terdiri dari 189 siswa-siswi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian. Data kemudian diolah dengan menggunakan SPSS versi 12.00 dari 50 pernyataan yang dilakukan ujicoba, maka diperoleh 39 pernyataan yang valid, pernyataan tersebut dinyatakan valid karena r hitung memiliki koefisien korelasi lebih besar dari pada r tabel 0,227 dengan taraf signifikan 5% nilai reliabilitas diperoleh 0,929. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswi kelas VIII SMPN 182 Jakarta Selatan memiliki persepsi positif terhadap layanan bimbingan karir yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Siswa memiliki persepsi positif terhadap komponen layanan bimbingan karir yaitu komponen metode pelaksanaan dan kegiatan bimbingan karir di dalam kelas, di dalam ruang bimbingan, dan di luar sekolah. Hal ini berarti siswa dapat menerima dengan baik layanan bimbingan karir yang diberikan oleh Guru Bimbingan dan Kosneling. |