Anda belum login :: 22 Nov 2024 07:40 WIB
Detail
BukuFaktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Di SMA Katolik Sang Timur, Jakarta - Tahun Ajaran 2009-2010
Bibliografi
Author: ARUM, VERONICA DIAN SULISTYANING ; Wanei, Gerda K. (Advisor)
Topik: Pendukung Belajar; Penghambat Belajar; Mata Pelajaran Kewarganegaraan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Veronica Dian Sulistyaning Arum's Undergraduate Theses.pdf (642.76KB; 22 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-413
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendukung belajar adalah suatu kondisi yang dapat mendukung siswa dalam proses belajar. Penghambat belajar adalah suatu kondisi dari belajar yang terganggu untuk mencapai hasil belajar. Faktor-faktor pendukung dan penghambat belajar siswa dapat dilihat dari 2 segi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa meliputi faktor fisiologis dan faktor psikologis, dan faktor eksternal adalah faktorfaktor yang berasal dari luar diri siswa meliputi faktor lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran dengan fokus pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter seperti diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat belajar siswa kelas X SMA Katolik Sang Timur, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada kriteria tertentu. Jumlah sampel sebanyak 69 siswa diambil dari kelas XA, XC, XD, XF. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penilaian. Uji coba instrumen dilakukan pada kelas XB dan XE berjumlah 61 siswa. Ujicoba instrumen terdiri dari 68 butir menghasilkan 44 pernyataan valid dengan nilai reliabilitas 0,957. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang dapat menjadi pendukung belajar siswa adalah lingkungan keluarga. faktor yang menjadi penghambat belajar siswa adalah: siswa kurang beristirahat pada malam hari, siswa kurang memiliki motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar, dan siswa kurang berminat pada mata pelajaran kewarganegaraan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pihak sekolah memberikan motivasi siswa agar lebih serius belajar mata pelajaran kewarganegaraan. Guru BK dapat memberikan layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan belajar dengan topik kewarganegaraan. Guru bidang studi mata pelajaran kewarganegaraan lebih kreatif dengan menggunakan ICT sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)