PT. INTIKERAMIK ALAMASRI INDUSTRI merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri saniter keramik. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan sejenis pada akhir-akhir ini, PT. INTIKERAMIK ALAMASRI INDUSTRI sangat menyadari bahwa peran strategi pemasaran sangat penting untuk dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Semakin banyaknya pesaing yang ada, Perusahaan terpaksa harus membuat suatu keunggulan yang kompetitif, supaya dapat bersaing di pasaran industri saniter keramik, sehingga produk yang diproduksi mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan produk para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisa tentang strategj pemasaran yang seperti apa, yang diterapkan perusahaan dalam menghadapi perdagangan bebas, dalam hal ini adalah PT. INTIKERAMIK ALAMASRI INDUSTRI, terutama dalam menghadapi 5 (lima) kekuatan pokok dalam persaingan, yaitu yang terdiri dari; ancaman pendatang baru, kekuatan tawar pembeli, kekuatan tawar pemasok, adanya produk pengganti, dan tingkat persaingan antar perusahaan industri. Dengan melihat 5 (lima) kekuatan pokok tersebut serta dengan mengadakan perbandingan dengan perusahaan lain, maka diharapkan PT. INTIKERAMIK ALAMASRI INDUSTRI dapat menerapkan strategj pemasaran yang tepat dalam menghadapi pesaing-pesaingnya. Hasil dari analisa tersebut menunjukkan bahwa dengan melakukan pengembangan produk, serta dengan mempertahankan mutu produk dan meningkatkan pelayanan pada konsumen, merupakan kunci keberhasilan usaha pemasaran. Hal ini penting, mengingat produk-produk yang dikeluarkan PT. INTIKERAMIK ALAMASRI INDUSTRI adalah produk yang berkualitas tinggi dan dikenal baik oleh masyarakat. |