Belum lama ini kehadiran jenis penganan frozen yogurt, meramaikan persaingan industri penganan di Jakarta. Meskipun terbilang baru, frozen yogurt mampu menarik perhatian banyak orang. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pilihan konsumen terhadap gerai Sour Sally atau Heavenly Blush. Penelitian dilakukan di Mal Kelapa Gading, Jakarta, dengan menyebarkan 130 kuesioner kepada pengunjung gerai Sour Sally dan Heavenly Blush, pada tanggal 21 - 24 September 2009. Untuk menganalisa data, digunakan perhitungan MS (Mean Score) dan OMS (Overall Mean Score). Atribut-atribut yang dianalisa adalah: kesesuaian harga dengan kualitas produk, kesopanan dan keramahan karyawan, variasi rasa, variasi topping, karyawan yang cepat tanggap, kandungan bahan yogurt bebas lemak, kandungan bahan yogurt bebas gula, kebersihan, kenyamanan, dan ketersediaan fasilitas tempat duduk. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh responden dalam memilih gerai Sour Sally adalah kebersihan area gerai, keberagaman variasi topping, dan kandungan yogurt yang bebas gula, (2) atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh responden dalam memilih gerai Heavenly Blush adalah kebersihan area gerai, keramahan dan kesopanan karyawan, dan keberagaman variasi topping, dan (3) responden lebih memilih gerai Heavenly Blush dibandingkan gerai Sour Sally. |