Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:28 WIB
Detail
BukuHubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Melania, Jakarta
Bibliografi
Author: SUTJIPTO, FENIJANTI ; Lengkong, Felix Yoseph (Advisor)
Topik: Motivasi Kerja; Guru Sekolah
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Fenijanti Sutjipto's Undergraduate Theses.pdf (335.9KB; 42 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-407
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi kerja merupakan dorongan dari dalam diri individu untuk mencapai suatu tujuan dalam bekerja. Motivasi berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Namun pada intinya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Salah satu perwujudan kerja guru adalah tugas mengajar. Kinerja guru merupakan unjuk kerja yang biasa dipakai sebagai dasar penilaian tentang produktivitas. Tingginya kinerja guru merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan tujuan kerja. Kinerja guru dapat diukur melalui tingkat pengetahuan, sikap, ketrampilan dan kemampuan mengajar guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hubungan motivasi kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian dilakukan di Sekolah Melania, Jakarta dengan guru sebagai responden, sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel tersebut adalah skala penilaian. Dari 68 butir pernyataan tentang motivasi kerja diperoleh 23 butir pernyataan yang valid dan dari 40 butir pernyataan tentang kinerja kerja terdapat 27 butir pernyataan yang valid. Nilai reliabilitas untuk pernyataan tentang motivasi adalah sebesar 0,936 dan untuk kinerja kerja adalah 0,928. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru dengan kategori tinggi yaitu 82,35% (28 orang) dan kinerja guru dengan kategori tinggi yaitu 82,35% (28 orang). Hasil analisis korelasional antara motivasi kerja dan kinerja kerja menunjukan korelasi positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0,724. Jadi para guru di Sekolah Melania, Jakarta adalah para guru yang mempunyai motivasi kerja dan kinerja yang tinggi. Pengurus Yayasan Melania disarankan meningkatkan perhatian terhadap para guru, baik secara personal maupun secara institutional. Pengurus Yayasan juga perlu memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, meningkatkan penghasilan para guru, menyediakan saranaprasarana di sekolah yang lebih baik, agar para guru dapat lebih termotivasi untuk mengajar secara maksimal dan dapat diwujudkan dalam semangat kerja.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)