Ujian Nasional adalah tes standar yang diterapkan untuk mengukur kompetensi dan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Dalam hal pendidikan di Indonesia, siswa diajarkan sesuai dengan kurikulum nasional yang mengharuskan kelulusan siswa harus didasarkan pada tiga aspek pendidikan, kognitif, psikomotor, dan afektif. Namun, dengan menerapkan Ujian Nasional, kelulusan siswa ditentukan oleh tes dalam aspek kognitif, dan ini tidak sesuai dengan kurikulum. Tesis ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi untuk mengevaluasi kualitas pertanyaan yang diberikan dalam Ujian Nasional dengan cara bahwa pertanyaan-pertanyaan harus mencerminkan tes bahasa asing yang relevan dan untuk rnemeriksa apakah tes bahasa Inggris dari Ujian Nasional benar-benar mengukur apakah tes mengukur hal-hal seperti yang dinyatakan dalam kurikulum. Melalui tesis ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pertanyaan yang ada dalam tes tersebut |