Faktor penting yang membuat sebuah restoran menjadi sukses adalah makanan dan pelayanan yang memuaskan. Faktor lainnya adalah dalam penyusunan dan desain ruangan yang baik sehingga menarik untuk dilihat dan dinikmati oleh para pelanggan. Restoran Sagoo Kitchen merupakan restoran yang menawarkan makanan yang biasa dikonsumsi pada zaman dahulu, suasana dan penataan ruangan serta alat makan yang digunakan juga bernuansa zaman dahulu. Faktor-faktor yang ditawarkan oleh restoran Sagoo Kitchen ditujukan untuk menciptakan dan meningkatkan kepuasaan konsumen. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap pencapaian laba di restoran Sagoo Kitchen. Penulis menggunakan metode SERVQUAL dalam menganalisis kepuasan pelanggan. SERVQUAL dibangun atas adanya perbandingan dua faktor utama, yaitu persepsi pelanggan atau layanan yang mereka terima (perceived service) dengan layanan yang sesungguhnya diharapkan (expected service). Terdapat 5 dimensi dalam SERVQUAL yaitu tangibles (berwujud), reliability (dapat diandalkan), responsiveness (ketanggapan), assurance (kepastian), dan empathy (empati Berdasarkan hasil penelitian maka skor rata-rata SERVQUAL berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL yaitu bernilai -30.41, yang berarti pelayanan yang diberikan restoran sudah baik dan rata-rata tingkat kepuasan terhadap seluruh atribut adalah sebesar 93.01%. Restoran Sagoo Kitchen mengestimasikan kenaikan penjualan sebesar 24% sehingga laba mengalami peningkatan sebesar 31% dari tahun sebelumnya. |