Perkembangan kafe di Jakarta ini sudah semakin banyak. Karena kafe merupakan tempat hang out untuk kaum muda. Seiring tingginya minat kaum muda terhadap kafe maka secara tidak langsung kafe yang ada berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan, dan mereka berusaha membuat pelanggan loyal kepada kafenya. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian dengan judul : “Analisis Pengaruh Persepsi terhadap Loyalitas pelanggan Kafe Soho Music Plaza Semanggi”. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada pengunjung Kafe Soho Music Plaza Semanggi dengan metode convenience sampling, pada tanggal 1-30 Juni 2008. Atribut-atribut Persepsi yang diteliti adalah : memberikan compliment kepada pelanggan, komunikasi 2 arah, program loyalitas, hubungan interaktif melalui web site, pnomosi melalui SMS, informasi menu lewat brosur, informasi secara langsung tentang acara hiburan, menangani keluhan pelanggan. Sedangkan atribut-atribut Loyalitas konsumen yang diteliti adalah: pembelian ulang, mencoba pnoduk baru dan kafe yang sama, memberikan rekomendasi kepada orang lain, mengikuti informasi terbaru tentang kafe, tidak tergoda penawaran kafe lain, pengorbanan dalam bentuk uang, pengorbanan dalam bentuk waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh Persepsi terhadap Kafe Soho Music Plaza Semanggi terhadap Loyalitas pelanggan. Atribut utama yang dipertimbangkan responden untuk mengunjungi Kafe Soho Music Plaza Semanggi adalah program loyalitas dengan pemberian insentif berupa potongan harga sebesar 10% untuk makanan dan minuman, khusus member. Selain itu pandangan responden terhadap strategi Persepsi Kafe Soho Music Plaza Semanggi adalah baik. Sedangkan tingkat loyalitas responden/konsumen terhadap Kafe Soho Music Plaza Semanggi adalah cukup loyal. |