Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:23 WIB
Detail
BukuPenerapan Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Kristen Ketapang 3 Cibubur
Bibliografi
Author: Stevanus, Ivan (Advisor); TULUS, JACKELINE WISYE ASTRID
Topik: Teknik Jigsaw; Kerjasama
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-110
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Teknik Jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan dan jigsaw mi adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. (Sunartombs,2009)
Jenis penelitian mi adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian mi adalah satu orang guru sebagai peneliti, dibantu dua
orang observer dan pengambil gambar, dan 32 siswa kelas IV SD Kristen Ketapang 3 Cibubur. Penelitian mi dibagi menjadi dua sikius. Sikius pertama dan kedua diadakan
satu pertemuan masing-masing dengan menggunakan teknik jigsaw dalam kerja
kelompok bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam bekerja dalam kelompok.
misalnya : anak dapat menghargai teman dalam kelompok, aktif dalam kelompok,
tanggung jawab dalam kelompok, siswa sudah mulai mau berpendapat untuk
kelompoknya, adanya partisipasi dalam kelompok, merespon teman dengan baik,
memberi motivasi teman yang malas, dan siswa tidak membeda-bedakan
kemampuan teman dalam kelompok.
Hasil penelitian mi menunjukan bahwa proses pembelajaran di kelas menjadi
lebih menarik melalui Teknik Jigsaw. Siswa dapat belajar untuk menentukan sikap
dan perilakunya dalam belajar. Siswa juga cenderung mengalami peningkatan baik dalam kerja sama kelompok dan cara siswa mengungkapkan pendapat baik lisan dan
tulisan.
Berdasarkan hasil penelitian mi disarankan guru memiliki kemampuan dalam
kerja kelompok agar dalam penerapan Teknik Jigsaw guru mampu melaksanakan
dan mendampingi siswa dalam setiap prosedur Teknik Jigsaw dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)