Saat ini inovasi merupakan satu kata kunci bagi kalangan dunia usaha, peranan inovasi tentunya akan lebih penting untung memenangkan persaingan di dalam dunia usaha. Tidak mudah menerapkan strategi inovasi untuk menarik perhatian target market, perlu adanya usaha dan kreatifitas yang tinggi. Untuk dapat merebut perhatian dari konsumen maupun target market kondom FIESTA perlu menggunakan strategi dan implementasi yang baik dan matang, salah satunya adalah difusi inovasi, yang merupakan transformasi suatu bentuk yang baru yang disampaikan kepada masyarakat yang terdiri dari gagasan, pendekatan, dan strategi baru. Akan ditinjau melalui 5 tahapan keputusan inovasi konsumen melalui teori yang dipaparkan oleh Everett M. Rogers. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari strategi dan implementasi difusi inovasi yang dilakukan oleh kondom FIESTA, untuk itu, penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif melalui proses pengumpulan data berdasarkan diskusi kelompok terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) dan melalui wawancara mendalam (in-depth Interview) yang disajikan ke dalam bentuk analisis dan diskusi. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa DKT Indonesia, sebagai produsen Kondom FIESTA memahami benar kondisi dan situasi yang akan dihadapi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen di Indonesia, segala bentuk atribut komunikasi pemasaran digunakan untuk menarik perhatian dan menarik tindakan konsumen di Indonesia. Melalui Senior Brand Manager Kondom FIESTA, Kondom FIESTA berhasil menerapkan tujuan dari strategi difusi Inovasi melalui yang diterapkan hingga mereka mendapat julukan “ The Most Inonovative Condoms with Colors, Flavors, and Shapes.” Akan tetapi walaupun strategi dan implementasi difusi inovasi yang dilakukan oleh Kondom FIESTA melalui alat komunikasi pemasaran adalah hal yang efektif, namun tentu banyak hambatan yang masih dihadapi oleh kondom FIESTA, oleh pihak-pihak yang kontradiktif dan beberapa konsumen yang menyatakan kekhawatiran terhadap tindakan berani dalam promosi yang dilakukan oleh kondom FIESTA. Ada Hal yang menarik dari hasil analisa pertukaran silang hasil jawaban FGD (Focus Group Discussion) dengan verifikasi jawaban dari Senior Brand Manager kondom FIESTA, melalui analisa teori keputusan inovasi Everett M. Rogers, seluruh narasumber mengenal dan mendapatkan persuasi dari inovasi kondom FIESTA namun dalam tahapan pengambilan keputusan, walaupun para narasumber menerima strategi dan implementasi difusi inovasi yang diterapkan oleh kondom FIESTA, namun tidak menjamin para narasumber menjadi konsumen loyal dari produk Kondom FIESTA karena adanya indikasi peraguan kualitas dari produk Kondom FIESTA. |