Anda belum login :: 24 Nov 2024 06:01 WIB
Detail
BukuCitra Merek Batik Indonesia (Studi Kasus: Batik Danar Hadi)
Bibliografi
Author: NIARNINGTYAS, KANIA ; Kartikawangi, Dorien (Advisor)
Topik: Citra Merek; Batik Danar Hadi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1608
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Saat ini persaingan dunia usaha semakin ketat. Ini dikarenakan kebutuhan konsumen terhadap suatu produk mengalami peningkatan dan sangat selektif. Oleh sebab itu, perusahaan dituntut untuk bisa menjawab tantangan tersebut dengan cara penggunaan strategi bisnis yang tepat. Dengan
menonjolkan keunggulan karekteristik fisik dan manfaat yang diberikan oleh suatu produk dengan merek tertentu, maka akan dapat merebut perhatian konsumen dan dapat menempati benak konsumen. Demikian pula yang terjadi dengan PT. Batik Danar Hadi. Sebuah industri batik yang hadir membawa warisan batik tradisional Indonesia, yang selalu berusaha untuk mempertahankan eksistensinya dalam dunia usaha. Dalam membangun dan mempertahankan citra merek Danar Hadi, tentunya dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis melakukan penelitian tentang citra merek Danar Hadi berdasarkan pendapat masyarakat, di antara ketatnya persaingan merek batik saat ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menemukan hasil dari penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukan wawancara mendalam dengan pihak dari PT. Batik Danar Hadi sebagai subyek penelitian ini. Teori komunikasi pemasaran terpadu menjadi landasan bagi penulis dalam melakukan penelitian terhadap merek Batik Danar Hadi. Selain itu penulis juga melakukan wawancara mendalam terhadap lima (5) narasumber yang sudah ditentukan, untuk meneliti citra merek menurut persepsi narasumber tersebut. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan bahwa PT. Batik Danar Hadi, dalam melakukan kegiatan promosi produk dan upaya untuk pembentuk citra merek menggunakan strategi teori komunikasi pemasaran terpadu. Dengan strategi tersebut, secara keseluruhan dapat dikatakan efektif, karena memiliki kesamaan pendapat dengan masyarakat pada umum, berdasarkan hasil wawancara penulis dengan lima (5) narasumber. Seperti kualitas produk yang dihasilkan Danar Hadi menurut masyarakat sangat unggul dibanding produk sejenis lainnya. Hal ini dikarenakan Danar Hadi selalu mengutamakan untuk menggunakan bahan baku yang terbaik bagi kenyamanan konsumennya, khususnya untuk jenis batik sutera. Sehingga sampai saat ini PT. Batik Danar Hadi masih tetap kokoh berdiri berkat kepercayaan dan kerjasama yang terjalin baik, dengan para pelanggan, pemasok, pemilik perusahaan, media relations, karyawan, dan masyarakat umum.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)