Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Kompetisi Bisnis Internasional di Pasar Lokal: Studi atas Persepsi Konsumen BBM pada SPBU Pertamina, Petronas, dan Shell di Pasar Lokal Bintaro
Bibliografi
Author:
YOLANDA, NATASYA
;
Nugroho, Aloisius Agus
(Advisor)
Topik:
Bauran Pemasaran
;
Kompetisi Global
;
Pasar Lokal
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Natasya Yolanda's Undergraduated Theses.pdf
(356.17KB;
101 download
)
Natasya Yolanda-PENDUKUNG .pdf
(192.67KB;
8 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1604
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
bermunculan. Munculnya perusahaan-perusahaan tersebut membuat persaingan bisnis internasional semakin ketat. Pertamina, Petronas, dan Shell merupakan perusahaan sejenis di bidang minyak dan gas yang berasal dari berbeda-beda negara. Petronas dan Shell merupakan perusahaan asing yang masuk ke Indonesia dan merupakan perusahaan pesaing untuk Pertamina. Dalam melakukan persaingan Pertamina, Petronas, dan Shell menggunakan strategi 4P dan bauran pemasaran untuk mempertahankan dan memajukan perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetisi internasional (global) yang berlangsung di pasar lokal berdasarkan persepsi konsumen. Penelitian deskriptif kualitatif yang menjadi obyek penelitian adalah SPBU Pertamina, SPBU Petronas, dan SPBU Shell. Adapun subyek penelitian adalah tiga konsumen dari masing-masing SPBU, dilengkapi dengan supervisor dari masing-masing SPBU. Hasil temuan ini adalah Pertamina dianggap memuaskan dalam hal harga, produk, dan tempat. Kekuatan Pertamina terutama terletak pada kenyataan bahwa loyalitas pelanggan tumbuh dari kebiasaan keluarga. Namun promosi, terutama promosi penjualan dianggap kurang. Kekuatan Petronas menurut konsumennya adalah pada harga. Dengan produk sekelas Pertamax, harganya lebih murah dari BBM produk Pertamina. Promosinya juga dianggap lebih baik dari Pertamina. Adapun kekuatan Shell terletak pada kepercayaan pelanggan atas standar kualitas produk. Harga produk Shell sekelas Pertamax juga lebih murah. Sales promotion Shell “bonus” berupa “pembersihan kaca mobil” gratis.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.203125 second(s)