Tingginya tingkat persaingan dalam industri otomotif di Indonesia memaksa para produsen otomotif berusaha lebih keras agar dapat memenangkan persaingan dan bertahan dalam lingkungan bisnis. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan usaha pengembangan merek. Sebab merek merupakan salah satu dasar pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk disamping kualitas produk dan harga. Asosiasi merek yang baik dapat menjadikan keunggulan bersaing suatu produk terhadap produk lainnya. Fungsi jaminan, identifikasi personal, identifikasi sosial dan status merupakan empat aspek fungsi merek yang dapat mempengaruhi respon konsumen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu pengaruh dari asosiasi merek Honda Jazz terhadap respon konsumen setelah pembelian. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif kepada anggota Jazz fit Club (JFC) chapter Jakarta dengan populasi 283 dan jumlah sampel 100. Sampling dilakukan dengan metode convenience. Data diolah dengan menggunakan perangkat analisis regresi linier berganda dari program SPSS 15.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa jaminan, identifikasi personal, identifikasi sosial, dan status baik secara sendiri maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap respon konsumen setelah pembelian. |