Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhdari relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu GSM XL pasca bayar. Dalampenelitian ini variabel yang diteliti adalah relationship marketing yang merupakan variabel independen dan dinotasikan sebagai X dan dibagi menjadi 4 variabel yaituTrust (X1), Commitment (X2), Communication (X3), dan Conflict Handling (X4), sedangkan loyalitas konsumen yang merupakan variabel dependen dan dinotasikan sebagai Y. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan skala Likert 5 tingkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Unika Atma Jaya, Jakarta yang menggunakan kartu GSM XL pasca bayar, sementara sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa pengguna kartu GSM XL pasca bayar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Perangkat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis nilai rata-rata (mean score) yang terdiri dari analisis nilai rata-rata (mean score) dan nilai rata-rata keseluruhan (overall mean score) serta analisis regresi linier berganda, yang terdiri dari analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu GSM XL pasca bayar. |