Mengingat pentingnya kegiatan layanan dalam suatu restoran, maka perlu diadakan audit manajemen untuk mengetahui apakah kegiatan layanan telah dilakukan secara efektif dan efisien. Audit manajemen atas kegiatan layanan pada Restoran D’COST Gajah Mada dilakukan dengan menggunakan kerangka : (1) Menilai Penetapan Tujuan, (2) Mengkaji Perencanaan, (3) Mengevaluasi Organisasi, (4) Menganalisis Pengendalian. Penetapan sasaran/tujuan atas kegiatan layanan telah sesuai dengan sasaran/tujuan restoran. Perencanaan telah dilaksanakan dengan memadai karena rencana yang disusun akan dapat digunakan untuk mencapai tujuan sasaran/tujuan yang telah ditetapkan. Telah memiliki struktur organisasi yang baik, tersedianya program pelatihan dan pendidikan yang memadai bagi calon petugas, pengendalian telah dilakukan dengan baik karena sudah terdapatnya prosedur tertulis atas kegiatan layanan. Dengan demikian penulis menilai kegiatan layanan pada Restoran D’COST Gajah Mada telah dilaksanakan dengan cukup efektif dan efisien. Meskipun demikian, penulis mengidentifikasi beberapa temuan dan memberikan beberapa saran untuk mengatasi temuan tersebut, antara lain: (1) Membentuk unit khusus untuklayanan, (2) adanya unit khusus yang bertanggung jawab dan berwenang melakukan kegiatan penyeleksian, perekrutan serta pendidikan bagi calon petugas, (3) disusunnya kebijakan tertulis mengenai kegiatan layanan, (4) diberlakukannya “happy hour” untuk mengurangi pelanggan di peak hour dan menggesernya ke jam ”happy hour” , (5) ditunjuknya petugas khusus yang bertugas untuk memantau pesaing melakukan kegiatan pemantauan atas kegiatan |