Anda belum login :: 27 Nov 2024 08:04 WIB
Detail
BukuAudit Manajemen atas Fungsi Pembelian pada PT Kharindo Prakarsa
Bibliografi
Author: Livia ; INAWATY HANDOYO (Advisor)
Topik: Audit secara Umum; Audit Manajemen; Sistem Pengendalian Intern; Manajemen Pembelian; Audit Manajemen atas Fungsi Pembelian
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-4058
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam suatu perusahaan manufaktur maupun perusahaan dagang, fungsi pembelian merupakan salah satu fungsi yang memiliki peranan penting. Pada perusahaan dagang, fungsi pembelian memiliki peran dalam menentukan kelangsungan proses bisnis perusahaan. Karena memiliki
peranan yang penting, maka diperlukan pengendalian yang baik pada fungsi pembelian.
Tujuan dilakukannya audit manajemen atas fungsi pembelian adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan fungsi pembelian dan memberikan rekomendasi perbaikan atas kelemahan yang ditemukan. Dalam melakukan audit manajemen ini, penulis menggunakan metode
seperti wawancara dengan bagian yang bersangkutan, melakukan uji ketaatan serta menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis dan evaluasi yang dilakukan penulis, maka penulis menyimpulkan bahwa fungsi pembelian pada PT Kharindo Prakarsa telah dilakukan dengan cukup efefktif dan efisien. Hal ini dapat dilihat dengan
terdapatnya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan, koordinasi dalam pembuatan rencana, memiliki organisasi yang cukup memadai, dan memiliki pengendalian intern yang cukup baik, seperti adanya nomor urut cetak dan otorisasi pejabat yang berwenang pada dokumen-dokumen yang digunakan. Namun demikian, masih terdapat beberapa kelemahan yang masih perlu diperbaiki pada fungsi pembelian, antara lain perusahaan belum memiliki prosedur dan kebijakan secara tertulis, perusahaan tidak melakukan rotasi karyawan, pembelian di perusahaan belum didasarkan pada ROP dan EOQ, dan bagian gudang tidak membuat laporan penerimaan barang.
Oleh karena itu, penulis juga memberikan beberapa saran yang mungkin dapat diterapkan di dalam perusahaan dan diharapkan saran-saran
tersebut akan berguna bagi perusahaan di masa yang akan datang.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)