Perusahaan senng dihadapkan pada berbagal alternatif dalam pengambilan keputusan yang bersifat khusus, contohnya dalam kasus menerima atau menolak pesanan khusus dan pelanggan. Jika dalam suatu periode perusahaan masih memiliki kapasitas yang menganggur, maka manajer perlu mempertimbangkan mengenai pemenuhan pesanan tersebut sehingga kapasitas yang menganggur dapat dimanfaatkan untuk memperoleh laba atau meningkatkan laba perusahaan. Berkaitan dengan hat tersebut, dalam mengambit keputusan pihak manajemen harus mampu membedakan antara data biaya yang relevan dengan yang tidak relevan. Skripsi ini akan membahas bagaimana pihak manajemen mengambit keputusan dengan membedakan biaya-biaya relevan dan yang tidak relevan pada CV Surya Mas. Penulis menggunakan tiga teknik pengumputan data yang dibutuhkan, yaitu dengan cara studi pustaka, observasi, dan wawancara. CV Surya Mas menghadapi permintaan dan petanggan di tuar kota untuk membeli produknya seharga Rp 60.000. Padahal menurut perhitungan dengan metode full costing, harga pokok produknya adalah sebesar Rp 77.006. OIeh karena itu, perusahaan menolak penawaran tersebut. Namun setelah dUakukan analisa biaya relevan Iebih tanjut, pesanan khusus itu sebenarnya dapat membDan hat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerápan analisis biaya retevan mempunyai peranan penting dalam pengambilan keputusan. Hal ini disebabkan karena analisis tersebut mampu memberikan informasm bagi manajemen untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan taba dalam menerima atau menolak suatu altematif tertentu.eri keuntungan sebesar Rp 1.228.200. |