Anda belum login :: 23 Nov 2024 21:37 WIB
Detail
BukuTinjauan atas Pelaksanaan Program Corporate Citizenship PT Microsoft Indonesia sebagai Perusahaan Multinasional yang Beroperasi di Indonesia.
Bibliografi
Author: UTAMI, NELLA ; Nugroho, Aloisius Agus (Advisor)
Topik: Perusahaan Multinasional; MNC; Corporate Citizenship; Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; CSR; Bisnis Internasional; Corporate Social Responsibility; Audit Sosial Perusahaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1600
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dewasa ini, pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) sudah semakin lazim. Berbagai perusahaan menunjukkan tanggung jawabnya secara sosial kepada masyarakat dan juga berbagai pihak. Seiring dengan perkembangan globalisasi yang semakin cepat, maka banyak perusahaan menjadi perusahaan multinasional. Perusahaan-perusahaan itu melintasi batas negaranya untuk meningkatkan keuntungan mereka dengan membuka cabang di negara lain. Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap negara tuan rumah, perusahaan multinasional wajib memasukkan kegiatan CSR dalam agenda perusahaannya. Kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan merupakan bentuk dari corporate citizenship. Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, maka perusahaan bertanggung jawab sebagaimana seorang penduduk bertindak terhadap negara yang ditinggalinya. Penelitian ini enjadikan pelaksanaan corporate citizenship PT Microsoft Indonesia sebagai objek kajian. Metode penelitian yang dilakukan ialah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dapat membantu memberikan penjelasan yang berhubungan dengan suatu fenomena yang terjadi, dalam hal ini ialah pelaksanaan CSR terhadap host country. Hasil dari penelitian ini ialah Microsoft merupakan perusahaan multinasional yang menghormati adanya perbedaan budaya dan hukum di host country yang terlihat melalui Microsoft Standards of Business Conduct dan juga pedoman yang disusun dalam melaksanakan kegiatan citizenshipnya. PT Microsoft Indonesia juga melaksanakan kegiatan CSRnya dengan sangat baik, karena sejalan dengan visi misi serta budaya perusahaan. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan oleh Microsoft merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan kegiatan utama bisnis mereka yaitu dalam bidang industri komputer. Walaupun Microsoft tidak pernah mempromosikan kegiatan CSRnya secara terang-terangan, tetapi dengan adanya kegiatan lomba dan pemberian software Microsoft, hal ini telah melebarkan pasar sasaran dari produk-produk Microsoft. Dalam pelaksanaan kegiatannya, PT Microsoft Indonesia masih memiliki kekurangan, seperti peran serta secara langsung dari karyawannya dan juga kurangnya akses internet, sehingga masih dibutuhkan peran serta pemerintah untuk mendukung kegiatan ini secara maksimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)