Facebook sering kali digunakan oleh beberapa perusahaan atau organisasi dalam mempromosikan suatu event atau produk dari perusahaan tersebut, karena Facebook merupakan salah satu situs yang paling sering diakses oleh masyarakat dunia saat ini. Dalam prakteknya sehari-hari, layanan jejaring sosial semacam ini rutin diakses oleh ratusan ribu atau bahkan jutaan pengguna internet dari seluruh dunia. Seiring dengan meningkatnya popularitas Facebook, pemanfaatan layanan jejaring sosial semacam Facebook untuk kalangan perusahaan menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Facebook merupakan media internet yang digunakan oleh distro Crooz Cloth dalam mempromosikan produk-produknya. Oleh karena, itu seiring dengan meningkatnya pengguna Facebook, distro Crooz Cloth memanfaatkan fenomena ini sebagai sebuah wadah untuk mempromosikan produk-produknya kepada para pengguna Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Crooz Cloth, serta alasan Crooz Cloth menggunakan Facebook sebagai sarana promosi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi pemasaran, strategi promosi, serta konsep respon konsumen AIDA (awareness, intereset, desire, action). Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik analisis yang dipakai adalah menggunakan konsep AIDA. Populasi untuk penelitian ini adalah siapa saja yang mendatangi distro Crooz Cloth dan sampelnya diambil sebanyak 100 orang dari populasi tersebut. Setelah dilakukan penelitian, penulis mendapatkan hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas promosi Crooz Cloth, melalui Facebook berdasarkan respon konsumen adalah “cukup efektif”. Berdasarkan penilaian skor masing-masing indikator pada tahap respon konsumen, yaitu awareness, intereset, desire, dan action. |