Pemasaran merupakan suatu proses yang tidak terpisahkan dari suatu perusahaan. Dalam mengkomunikasikan pesan, terdapat berbagai cara dan media yang dapat dilakukan oleh para pemasar. Seiring berjalannya waktu, dibutuhkan inovasi dan ide-ide baru untuk menarik perhatian target audience dari sekian banyak pemasaran yang dihadirkan. Industri musik merupakan industri yang selalu diminati masyarakat, terutama kaum muda. Memanfaatkan hal tersebut, pemasar pun menjadikan lagu pop bagian dari sebuah iklan dan merupakan tren baru yang sedang berkembang di Indonesia. PT. Indosat Tbk., merupakan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi internasional umum di Indonesia yang memiliki jasa layanan telekomunikasi beragam. Salah satu produknya adalah kartu operator seluer yang disegmentasikan untuk anak muda, yaitu IM3. Mengingat persaingan yang ketat di industri operator seluler, maka IM3 berusaha untuk melakukan kegiatan pemasaran dengan cara melakukan promosi dan didukung dengan pemasaran dengan cara beriklan di media televisi. Sejauh ini, televisi merupakan salah satu media yang paling efektif karena memiliki dimensi audio dan visual, sehingga dapat menampilkan kombinasi musik, suara, kata-kata, gambar, warna, dan gerakan sekaligus. Penelitian ini akan meneliti mengenai analisis persepsi target audience IM3 terhadap elemen-elemen iklan televisi yang menggunakan format lagu pop berjudul Online untuk menyampaikan pesannya. Sampel yang dipilih adalah siswa SMA di SMAK Karunia, dan responden dipilih secara sampel acak distratifikasikan. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden dan didapatkan 98 kuesioner yang memenuhi syarat untuk diolah datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki persepsi yang baik terhadap iklan televisi yang menjadi obyek penelitian. Dari elemen-elemen iklan televisi yang terdapat dalam iklan tersebut, elemen musik memiliki rata-rata skor dengan skala Likert tertinggi dibandingkan elemen lainnya. Hal tersebut menggambarkan bahwa responden menyukai musik yang digunakan dalam iklan. Dan nilai rata-rata skor terendah terdapat pada elemen gambar, yang menandakan bahwa responden kurang menyukai gambar yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Namun secara keseluruhan, persepsi yang dimiliki responden terhadap iklan yang menjadi obyek penelitian cukup baik dan positif. Dalam penelitian yang mengukur brand awareness para responden, diketahui bahwa brand awareness terhadap merek IM3 berada pada tingkat unaware of brand, yaitu rata-rata responden tidak menyadari bahwa IM3 merupakan salah satu merek operator seluler GSM. Namun ketika merek IM3 dikaitkan dengan operator seluler GSM untuk online, terjadi kenaikan tingkat menjadi brand recognition. Hal ini cukup menunjukkan bahwa iklan yang membawa pesan IM3 sebagai operator seluler untuk online memberikan dampak positif terhadap tingkat brand awareness yang dimiliki oleh responden. Berdasarkan perhitungan dengan analisis regresi linier berganda yang dilakukan dalam penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen dalam iklan televisi memberikan dampak atau pengaruh terhadap brand awareness yang dimiliki oleh reponden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi positif yang dimiliki oleh target audience dapat meningkatkan brand awareness yang dimiliki terhadap suatu merek. |