Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:50 WIB
Detail
BukuTinjauan Penerapan Komunikasi Kepemimpinan dalam Fungsinya Sebagai Pembimbing (studi kasus: PT. Wahana Unggul Utama Line, Jakarta)
Bibliografi
Author: Haryadi ; Sarinastiti, Nia (Advisor)
Topik: Komunikasi Organisasi; Komunikasi Diagonal; Gaya Kepemimpinan; Trifungsi Kepemimpinan; Komunikasi Kepemimpinan; Komunikasi Horizontal
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1580
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Komunikasi adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.Komunikasi yang baik mengembangkan pekerjaan karyawan menjadi terorganisir dengan baik. Selain itu, komunikasi juga berfungsi untuk mrnyampaikan informasi, mengemukakan pendapat, pandangan, dan perasaan. Hal ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan organisasi. Maka, salah satu wujud kmunikasi keorganisasian yang mendukung adalah komunikasi antara pimpinan dengan bawahan. Kepemimpinan merupakan hubungan antara pimpinan dengan yang dipimpin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seorang pemimpin tidak dapat mengandalkan dirinya sendiri. Dia harus bekerja sama dengan orang lain. Maka seorang pemimpin yang baik, harus bbisa menjadi seorang pembing, pengarah, penghubung, maupun pengendali pada masa transisi yang baik para karyawannya. Jika komunikasi kepemimpinan antara pimpinan dengan karyawan berdampak positif, hal ini dapat menimbulkan semangat kerja, yang dapat merangsang tercapainya kinerja yang tinggi, sehingga membantu tercapainya tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah PT. Wahana Unggul Utama Line menerapkan komunikasi kepemimpinan, terutama yang baerkaitan dengan peran pemimpin sebagai pembimbing, pengarah, penghubung, pengendali masa transisi.
Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, dengan melakukan wawancara mendalam terhadap lima orang bawahan-bawahan langsung dari pimpinan PT. Wahana Unggul Utama Line. Yakni perwakilan dari tiap-tiap divisi dari PT. Wahana Unggu Utama Line, serta Managing Director dari PT. Wahana Unggul Utama Line sebagai metode dalam verifikasi keasbsahan data yang telah diberikan oleh para karyawan. Penelitian ini penulis lakukan dengan metode penelitian kualitatif. Deskriptif. Penulis akan menganalisa data-data yang telah diperoleh dengan dari hasil wawancara deengan cara mengiterpretasikan makna dari pernyataan, komentar, maupun jawaban yang diberikan oleh peerta diskusi. Dari analisa mengenai data-data yang telah diperoleh dari para narasumber dan verifikasi terhadap Managing Director PT. Wahana Unggul Utama Line, didapat gambaran bahwa antara teori-teori yang penulis kemukakan dalam bab IImengenai komunikasi kepemimpinan di PT Wahana Unggul Utama Line telah berjalan sesuai dengan teori yang ada. Namun masih ada beberapa hal yang belum sesuai dengan teori. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan komunikasi kepemimpinan di PT. Wahana UngguL Utama Line, mayoritas telah berjalan baik. Masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh Pimpinan. Saran-saran yang diberikan bertujuan untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan, sedangkan hal yang kurang positif, dapat dikurangi. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.421875 second(s)