Anda belum login :: 24 Nov 2024 12:39 WIB
Detail
BukuTanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Kerugian Konsumen Atas Produk yang Mengandung Cacat Tersembunyi Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Analisa Kasus Mesin Foto Copy Merek Canon NP 6016)
Bibliografi
Author: NABABAN, RUGUN LYDIA MARGARETHA ; Wulandari, Bernadetta Tjandra (Advisor)
Topik: Perlindungan Konsumen; Produk Cacat; Product Liability; Standardisasi Produk
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rugun Lidya's Undergraduated Theses.pdf (1.31MB; 52 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-2850
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Terjadinya cacat tersembunyi pada suatu produk dapat diketahui bentuk nyatanya. Pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap kerugian yang diderita konsumen dilakukan melalui prosedur penyelesaian konsumen apabila terjadi
sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen. Bentuk pertanggung jawaban pelaku usaha dalam skripsi ini adalah kasus antara Ibu Shinta dengan
PT PTC Kopierindo Utama atas kerugian yang diderita konsumen. Dalam kasus skripsi ini, contoh bentuk ganti ruginya memberikan penggantian
Mesin Fotocopy baru. Prosedur penyelasaian kasus antara produsen dengan konsumen dengan cara konsumen melapor ke YLKI setelah di teliti oleh
YLKI kemudian laporan tersebut di teruskan YLKI kepada produsen secara tertulis untuk meminta tanggapan atau tindakan dari produsen untuk
menyelesaikan sengketa yang terjadi antara konsumen dan produsen secara damai. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dalam kasus ini membantu konsumen dalam memperjuangkan hak-hak-nya yang di atur di dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, antara lain: Hak
atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa. Hak untuk mendapatkan kompensasi,ganti rugi dan atau
penggantian, apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Bentuk tanggung jawab pada kasus produk cacat pada mesin foto copy merek Canon tipe NP 6016, yaitu pelaku usaha telah memiliki itikad baik untuk mengganti produk yang sejenis dan dalam kondisi baik. Selain itu pelaku usaha bersedia memberikan garansi
service untuk mesin tersebut, yaitu: jaminan service cuma-cuma selama 1 (satu) tahun atau 5 kali kunjungan teknisi, tidak termasuk suku cadang dan consumables. Mengenai bentuk tanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku usaha di atas telah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 19 ayat (2) Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yaitu “ganti rugi” sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)