Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:53 WIB
Detail
Buku"Shop 'til you drop!" Belanja impulsif dan rasa kesepian pada wanita lajang
Bibliografi
Author: Suci, Eunike Sri Tyas ; SARI, NANIA PERMATA
Topik: Wanita Lajang; Perasaan Kesepian; Impulsif; Gender
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: paper final Nania-Eunike.pdf (130.09KB; 50 download)
Abstract
Wanita lajang usia 30 hingga 40 tahun mendapat tuntutan pernikahan yang lebih tinggi dibandingkan pria. Keputusan untuk melajang umumnya didasari oleh alasan kesempatan mengembangkan karier dan pendidikan. Ketika memasuki usia 30 tahun, wanita lajang mulai menyadari adanya kekosongan dalam hidupnya. Situasi ini seringkali diidentikkan dengan perasaan kesepian. Masalah kesepian ini yang disorot pada wanita lajang umumnya karena ketidakhadiran pasangan hidup. Meskipun intimasi tidak selalu datang dari pernikahan, mereka tetap mendapat tuntutan untuk menikah.

Ketika wanita lajang mengalami kesepian, ada banyak upaya untuk mengatasinya. Salah satu diantaranya adalah pergi berbelanja. Hanya saja ketika proses pembelian barang sudah tidak lagi mempertimbangkan kebutuhan dan cenderung dilakukan secara emosional, maka perilaku tersebut cenderung impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara perasaan kesepian dan kecenderungan belanja impulsif pada wanita lajang yang bekerja.

Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Revised UCLA Loneliness Scale version 3 dan Impulsive Buying Tendency Scale yang sebelumnya sudah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Populasi penelitian ini adalah wanita lajang (belum pernah menikah dan tidak sedang menjalin hubungan romantis) berusia 30 hingga 40 tahun, bekerja di wilayah Jl. Sudirman, Jl. Gatot Subroto, dan Jl. Thamrin di Jakarta, memiliki pendidikan minimal S1, dan berpenghasilan minimal 8 juta rupiah per bulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perasaan kesepian dan kecenderungan belanja impulsif pada wanita lajang yang bekerja. Wanita lajang diharapkan memahami adanya hubungan antara perasaan kesepian dan kecenderungan belanja impulsif sehingga mereka mampu mengelola diri dengan lebih positif. Banyak kegiatan positif lain yang bisa dilakukan, seperti mendekatkan diri dengan keluarga, mengikuti kegiatan sosial, dan memperluas pergaulannya.
Kajian editorial
Dipresentasikan dalam Temu Ilmiah Nasional & Kongres XI Himpunan Psikologi Indonesia, Surakarta, 18 – 20 Maret 2010.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)