Fungsi customer service bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Audit manajemen mencakup tinjauan secara sistematik di sebagian atau keseluruhan atas aktivitas organisasi untuk mengevaluasi sumber daya yang digunakan apakah sudah efektif dan efisien. Royale Jakarta Golf Club adalah salah satu perusahaan jasa yang mengutamakan layanan pelanggan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan melakukan audit manajemen atas fungsi customer service. Pelaksanaan audit manajemen dilakukan dengan mengumpulkan bukti audit serta melakukan analisis. Diantaranya dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 orang pelanggan Royale Jakarta Golf Club pada tanggal 10-11, 17-18 Oktober 2009 berkaitan dengan 7 indikator kinerja pelayanan front officers dan 5 indikator fasilitas lapangan golf. Selain itu juga dengan melakukan observasi kegiatan sehari-hari dari fungsi customer service, wawancara dengan pihak manajemen, dan internal control questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar operating procedure customer service Royale Jakarta Golf Club sudah dijalankan dengan baik oleh front officers dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Fungsi customer service mampu mendorong terciptanya kepuasan pelanggan secara umum. |