Anda belum login :: 24 Nov 2024 05:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Simulasi uji performance pada motor diesel injeksi langsung (1 silinder) 677 cc menggunakan bahan bakar dual fuel (diesel - sekam padi) (in prosiding seminar nasional teknoin 2008 bidang teknik mesin)
Bibliografi
Author:
Praptijanto, A.
;
Santoso, W.B.
;
Putrasari, Y.
Topik:
Motor Diesel
;
Sekam Padi
;
Simulasi
;
Uji Performance
Bahasa:
(ID )
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Article - untuk jurnal ilmiah
Fulltext:
Uji Performansi Mesin Diesel 1 silinder dgn bb dual fuel.pdf
(240.75KB;
3 download
)
Abstract
Indonesia merupakan negara agraris yang besar yang dapat menghasilkan padi dalam jumlah besar sehingga menghasilkan efek samping berupa limbah pertanian sekam padi sangat banyak dan kurang mempunyai nilai ekonomis yang baik. Selain itu Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai masalah dengan ketergantungan terhadap minyak bumi dalam mencukupi kebutuhan energi. Menghadapi permasalahan tentang ketersediaan energi dan ketergantungan terhadap minyak bumi maka dilakukan berbagai macam penelitian tentang energi alternatif pengganti minyak bumi. Pergantian energi minyak bumi ada yang dilakukan secara total dengan menggganti sumber bahan bakar yang digunakan tetapi ada juga yang hanya sebagian saja yang diganti. Sebetulnya kedua cara yang digunakan bisa diterapkan semua di Indonesia tergantung kemampuan masing-masing daerah yang ada. Untuk daerah agraris yang menghasilkan beras dengan limbah sekam padi yang banyak maka modifikasi motor diesel yang dikombinasikan dengan gasifier berbahan sekam padi bisa dilakukan. Untuk mengetahui seberapa jauh teknologi gasifier yang dikombinasikan dengan sekam padi maka pada penelitian ini dilakukan simulasi uji performance motor bakar diesel yang menggunakan dual fuel (diesel-sekam padi). Penelitian ini dilakukan dengan cara simulasi termodinamika 1D dengan memodelkan motor bakar diesel 1 silinder dengan kapasitas 667 CC pada putaran sebesar 3000 rpm dengan variabel konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Pemilihan cara simulasi dikarenakan dengan simulasi maka diperoleh hasil yang cepat , akurat dan biaya yang dibutuhkan lebih murah daripada yang dilakukan di laboratorium. Bahan bakar yang digunakan adalah kombinasi diesel/solar dengan gas hasil gasifier berupa CO sebesar 18 – 22 % , hidrogen sebesar 15-19 %, methane 1-5 % dan nitrogen sebesar 45-55% . Dari data hasil yang diperoleh diproleh dibandingkan IMEP, bsfc dan Daya dari masing – masing variasi bahan bakar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.28125 second(s)