Kualitas telah menjadi dimensi kompetitif yang penting bagi perusahaan manufaktur maupun jasa, juga bagi usaha kecil dan usaha besar. Dalam usaha untuk mengatasi persaingan yang demikian tajam, banyak perusahaan yang telah memberikan perhatian lebih besar terhadap kualitas. Beberapa pendapat meyakini bahwa kualitas telah bergeser dari sumber keunggulan strategis menjadi kebutuhan kompetitif. Biaya kualitas adalah biaya yang dikeluarkan karena terdapat kualitas yang buruk. Selama ini perusahaan telah mengeluarkan dana untuk kualitas dalam upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas hasil cetak, yang pada akhirnya akan menjaga kepuasan konsumen. Akan tetapi, pencatatan sehubungan dengan biaya kualitas ini belum dibuat dalam suatu perkiraan tersendiri yang khusus, biaya – biaya kualitas ini masih tersebar di berbagai biaya produksi dan biaya operasional perusahaan. Perusahaan sejak awal sangat mempertimbangkan aspek kualitas dalam kegiatan produksinya karena pengaruhnya yang sangat signifikan. Sedikit saja kekurang telitian, dapat merusak keseluruhan hasil cetak dan menyebabkan produk tersebut akan ditolak. Selain itu, diperlukan juga komitmen, dukungan, dan kerja sama dari semua pihak, sehingga dapat menghasilkan suatu sistem pengendalian kualitas yang baik agar dapat diperoleh pencatatan dan pelaporan quality cost yang handal dan tepat waktu. |