Fungsi distribusi memegang peranan penting di dalam strategi pemasaran karena dapat membantu perusahaan dalam usahanya menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pengelolaan kegiatan serta jaringan distribusi yang efektif dan efisien akan menjadikan produk perusahaan laku untuk dijual. Menyadari pentingnya audit manajemen terhadap fungsi distribusi, maka penulis menyusun skripsi dengan judul ”Audit Manajemen atas Fungsi Distribusi pada PT. X”. Tujuan audit ini adalah untuk mengevaluasi efisiensi dan efektivitas pengelolaan kegiatan distribusi perusahaan (kinerja perusahaan). Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dimulai dengan metode penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan cara studi literatur, kemudian metode penelitian lapangan melalui teknik-teknik interview, observation, Internal Control Questionnaire dan Compliance Test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan fungsi distribusi PT. X telah efektif dan efisien, walau masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Kelemahan-kelemahan tersebut adalah kapasitas ruang meeting yang masih terbatas dan belum memadai, adanya sejumlah pelanggan yang kurang kooperatif dalam pelaksanaan proyek sehingga memberi pengaruh terhadap penjualan gas perusahaan, serta masih langkanya penggunaan bahan bakar gas bumi dalam kegiatan sehari-hari oleh masyarakat. Untuk kelemahan-kelemahan tersebut, penulis telah memberikan saran-saran perbaikan yang telah ditanggapi oleh pihak manajemen. |