Anda belum login :: 30 Nov 2024 15:57 WIB
Detail
BukuPerbedaan Tingkat Recognition antara Iklan yang Menggunakan Lapangan Sekolah Sebagai Media Beriklan dan Iklan yang Menggunakan Media Lain: Studi pada iklan Pokka Green Tea di Lapangan Sekolah IPEKA Tomang
Bibliografi
Author: KURNIAWATI, RINI ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Iklan; Memori; Out of Home Advertising; Media Iklan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rini Kurniawati's Undergraduated Theses.pdf (291.16KB; 25 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1497
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Iklan merupakan sebuah bentuk komunikasi yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk, yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian. Pesan komunikasi yang ada disebarluaskan kepada khalayak untuk memberikan informasi atau menawarkan barang atau jasa dengan jalan menggunakan media. Semakin majunya industri periklanan, media-media yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya mulai bermunculan, misalkan penggunaan papan tulis sekolah, kendaraan umun, lapangan olahraga, dan lain-lain. Pemasangan iklan-iklan produk pada media-media baru tersebut dikenal dengan sebutan Out of Home Advertising. Salah satu contoh dari Out of Home Advertising adalah iklan-iklan produk yang ada di lapangan olahraga. Dengan pemilihan media yang tepat akan membuat iklan itu menjadi lebih mudah dikenali konsumen. Sebuah iklan tidak hanya perlu masuk ke dalam short-term memory agar dapat dikenali, tetapi juga harus tersimpan ke dalam long-term memory. Sebuah informasi dapat tersimpan di dalam long-term memory membutuhkan sebuah proses. Salah satu proses yang digunakan untuk mempertahankan memori adalah maintatenance rehearsal, yaitu metode mengingat dengan proses pengulangan. Penelitian melihat adanya perbedaan tingkat recognition antara iklan yang menggunakan lapangan sekolah sebagai media beriklan dan iklan yang menggunakan media lain seperti billboard dan majalah, dimana setiap orang yang melewati lapangan akan lebih sering melihat iklan tersebut. Proses ini adalah tahap awal dari proses mengingat, dimana iklan yang dilihat masuk ke dalam sensory. Tahap selanjutnya adalah iklan masuk ke dalam short term memory. Selanjutnya terjadi proses rehearsal di mana iklan yang ada dilihat secara berulang setiap kali seseorang berjalan melewati lapangan. Proses pengulangan yang terjadi membuat materi tersebut berpindah dari short term memory ke long term memory sehingga dapat dikenali kembali. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat recognition siswa-siswi terhadap iklan produk Pokka Green Tea antara yang memakai lapangan sekolah sebagai media beriklan jika dibandingkan dengan yang memakai majalah atau billboard media beriklan. Namun tidak terdapat perbedaan tingkat recognition pada penulisan produk Pokka Green Tea.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)